Friday, April 29, 2011

Deskripsi UNNES

Universitas Negeri Semarang adalah perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Kampus induk UNNES terletak di Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang. UNNES merupakan bentuk perubahan dari IKIP Semarang yang telah berdiri sejak tahun 1965 di Semarang, Jawa Tengah. Tugas pokok IKIP adalah menyiapkan guru dan pendidik yang akan bertugas di lingkungan pendidikan. Pada tahun 1990-an IKIP diperluas sebagai penyelenggara berbagai program studi non kependidikan. Mulai tahun akademik 1998 IKIP Semarang membuka beberapa program studi nonkependidikan, yang diikuti dengan peresmian perubahan bentuk pada tanggal 7 Oktober 1999 sehingga untuk selanjutnya IKIP Semarang bernama Universitas Negeri Semarang.

            Saat ini UNNES memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum (FH). Selain itu ada juga program pascasarjana, semua program pendidikan UNNES diselenggarakan di Kampus Sekaran, Kampus Bendan Ngisor, Kampus Wonoasri dan Kampus Kemandungan-Tegal. Kampus induk memiliki luas 145 Ha dan berada di daerah perbukitan sehingga dengan adanya kondisi fisik di sekitar kampus yang sangat asri dapat membuat nyaman mahasiswa untuk menuntut ilmu di universitas ini. Bangunan fisik yang tersedia khusunya ruang kuliah yang setiap ruang dilengkapi LCD ini juga sangat mendukung proses pembelajaran. Auditorium atau ruang seminar disediakan sebagai penunjang kegiatan akademik. Dengan fasilitas ini diharapkan seminar dan presentasi akan menjadi budaya akademik bagi mahasiswa dalam rangka UNNES untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pasar kerja. Sarana lain yang tak kalah penting adalah pusat kegiatan mahasiswa (PKM) sebagai tempat kegiatan mahasiswa yang diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan memperluas wawasan dan pengetahuan.
            Setiap siswa yang sudah menyelesaikan program pendidikan di SMA/ MA, SMK/MAK dapat mendaftar di universitas ini dimulai pada awal September setiap tahun akademik. Menjelang awal tahun akademik UNNES melaksanakan proses penerimaan mahasiswa yang terdiri atas 7 sistem penerimaan. Sistem tersebut antara lain penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNNES (SPMU), penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN), penerimaan mahasiswa pindahan, penerimaan mahasiswa melanjutkan studi, penerimaan mahasiswa Warga Negara Asing, penerimaan mahasiswa Program Pascasarjana.
            Universitas ini memiliki mahasiswa yang rata-rata berasal dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Karena banyaknya mahasiswa yang dimiliki. Hal ini mengakibatkan tingkat perekonomian di daerah Sekaran meningkat. Dibuktikan dengan banyaknya kos mahasiswa yang bermunculan dengan biaya sewa yang variatif. Warung usaha juga bermunculan karena untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa. Desa Sekaran yang dulunya merupakan daerah hutan saat ini berubah menjadi daerah permukiman yang padat namun strategis.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys